Rektor Buka Workshop Penyusun Perangkat Pembelajaran

11 December 2020

KalabahiUntrib, Workshop Penyusun Perangkat Pembelajaran Bagi Dosen Untrib Kalabahi yang digagas oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Tribuana Kalabahi Resmi dibuka oleh Rektor Universitas Tribuana Kalabahi, Alvons.F Gorang,S.Sos.MM  (11/12) di aula Aikoli Resort Ruilak.

Diawal  sambutannya, Rektor Untrib Kalabahi mengajak semua peserta workshop untuk bersyukur oileh karena tuntunan Tuhan, kegiatan ini dapat dilaksanakan walaupun dalam suasana yang kurang bersahabat. Penyusunan perangkat pembelajaran penting bagi dosen sebagai acuan dalam menyusun bahan ajar bagi mahasiswa sehingga ini perlu diikuti secara baik ucapnya.

Rektor Alvons mengatakan melihat ada banyak kekurangan dan keterbatasan yang di dapati sehingga perlu dievaluasi dan hari ini dilakukan kegiatan workshop sebagai bekal bagi para dosen.

Alvons mengatakan bagi dosen yang berlatar belakang ilmu pendidikan cukup memahami tentang perangkat pembelajaran namun bagi yang bukan berlatar belakang ilmu pendidikan akan merasa sulit menyusun bahan ajar.

Diakhir dari sambutannya,Rektor universitas Tribuana Kalabahi, Alvons Gorang.MM mengharapkan dengan adanya kegiatan ini peserta dapat menghasilkan produk demi pengembangan dan pemahaman tentang penyusunan perangkat pembelajaran.

Sementara Ketua Lemabaga Penajamin Mutu (LPM) Universitas Tribuana Kalabahi, Eunike Molebila,S.Th,M.Th dalam kerangka kegiatan yang dipaparkanyang diterima media ini adalah sebagai berikut

A. Pendahuluan

Perangkat pembelajaran merupakan alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran (Zuhdan, dkk., 2011: 16)  Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi  dosen dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, atau di luar kelas.  Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan, penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran.  Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus, RPS, bahan ajar, dll.  Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh lembaga penjaminan mutu (LPM) Universitas Tribuana Kalabahi baik pada kegiatan matrikulasi maupun pada pembelajaran semester ganjil tahun akademik 2020/2021, di minggu pertama hingga minggu ke delapan, terdapat sejumlah rekomendasi yang diberikan kepada lembaga dalam hal ini Universitas Tribuana Kalabahi, bahwa terdapat sejumlah dosen yang belum mempunyai pemahaman yang cukup dalam menyusun silabus, bahan ajar dan RPS sesuai dengan kaidah-kaidah penyususnannya, bahkan juga ditemukan beberapa dosen yang belum mempunyai perangkat pembelajaran yang lengkap.  Data hasil analisis pada matrikulasi menunjukan bahwa untuk varibel perumusan indikator pembelajaran sebagian besar pengajar berada pada ketegori kurang baik dengan skor 60%, variabel rencana kegiatan pembembelajaran sebagian besar pengajar berada pada indikator kurang baik dengan skor 92 %. Indikator metode pembelajaran berada pada ketegori kurang baik pada skor 71 %. Indikator penilaian pembelajaran responden berada pada kateogori kurang baik sebesar 87%. Selain data dari matrikulasi, terdapat juga data hasil analisis pembelajaran di ecampus yang menunjukan rendahnya dosen-dosen dalam mengupload RPS dan bahan ajar di ecampus. Baru sebanyak 53% dosen yang menggungah RPS dan bahan ajar.  Karena itu, dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran di Universitas Tribuana Kalabahi maka, pada kesempatan ini, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Tribuana Kalabahi. memandang penting untuk melaksanakan kegiatan penyususnan perangkat pembelajaran kepada para dosen di lingkup Universitas Tribuana Kalabahi. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para dosen dapat menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang baik sehingga dapat dipakai dalam pembelajaran di semeter ini maupun pada semeter mendatang.

B.Tujuan

  1. Membekali dosen-dosen dengan pengetahuan mengenai penyususnan perangkat pembelajaran
  2. Menyempurnakan perangkat pembelajaran yang ada pada dosen-dosen Universitas Tribuana Kalabahi

C. Luaran

Produk perangkat pembelajaran (Bahan ajar dan RPS) oleh dosen-dosen Universitas Tribuana Kalabahi.

D. Kegiatan

“workshop Penyususnan Perangkat Pembelajaran bagi dosen Universitas Tribuana Kalabahi

  1. Waktu dan tempat pelaksanaan
    1. Waktu : kegiatan ini berlangsung pada tanggal 11-12 desmeber 2020
    2. Tempat: Aula Aikoli kang Resort
  2. Nasaumber dan tutor
    1. Narasumber :
    2. Dr. Fredrik Abia Kande, S.Pd., M.Pd
    3. Halena Muna Bekata, S.Pd., M.Pd
  1. Tutor:
    1. Antonius A Saetban, S.Pak., M.Pd
    2. Lita Taopan, S.Pd., M.Pd

E.Penutup

Demikian kerangka kerja dibuat sebagai acuan dalam perencanaan kegiatan workshop Penyususnan Perangkat Pembelajaran bagi dosen UNTRIB Kalabahi. Kami sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak yang menginginkan kemajuan mutu pendidikan dan pengajaran di Universitas tribuana Kalabahi. Atas perhatian dan dukungannya disampaikan terima kasih. Tuhan Memberkati..

 

 


Sumber : Universitas Tribuana Kalabahi http://untribkalabahi.ac.id
Selengkapnya : http://untribkalabahi.ac.id/artikel/51/Rektor-Buka-Workshop-Penyusun-Perangkat-Pembelajaran.html