Lulus Program Kampus Mengajar, Dosen dan Mahasiswa Untrib Bangga

Diposting pada tanggal 29 March 2021
Lulus Program Kampus Mengajar, Dosen dan Mahasiswa Untrib Bangga

UntribKalabahi, 1 orang Dosen dan 3 orang Mahasiswa Untrib Kalabahi Lulus Program kementrian Pendidikan, Kampus Mengajar beberapa pekan lalu.

Yah,tak dapat dipungkiri,kualitas Dosen dan Mahsiswa yang lulus ini jangan dianggap sepeleh, ini merupakan bagian prestasi yang perlumendapat apresiasi.

Dikutip dari laman Kompas.com, Program Kampus Mengajar sebagai bagian dari Kampus Merdeka resmi diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Selasa (9/2/2021).

Program tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program Kampus Mengajar memanggil mahasiswa dari seluruh program studi dan perguruan tinggi di Indonesia untuk berkontribusi, membuat perubahan, seraya mengembangkan diri.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani menjelaskan, Kampus Mengajar memiliki dua tujuan.

Di antaranya memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan serta memfasilitasi experiential learning dengan jalur yang fleksibel sehingga diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

Satu orang Dosen yang lulus tersebut adalah sebagai pendamping bagi mahasiswa yang lulus dalam program Kampus Mengajar.

Dosen dan Mahasiwa Untrib Tersebut antara lain, Nehemia Fanpada,S.Pd.M,Pd sebagai Dosen pendamping  lapangan sementara Mahasiswa masing-masing bernama, Meri Susana Takalapui, Yoseba Pering Ullu, Sibeon Tersia Manikari Program Studi/Jurusan Pendidikan Teologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berada pada semester Lima.

Nehemia Fanpada,S.Pd,M.Pd  dalam komentarnya mengatakan merasa bangga karena Universitas Tribuana Kalabahi menjadi salah satu Kampus yang Dosen dan Mahasiswanya lulus program Kampus Mengajar. Ditambahkanya Program ini merupakan program kementrian pendidikan yang membantu guru-guru sekolah Dasar dalam kondisi pandemi covid-19.

Helmi sapaan akrabnya mengatakan program ini juga tidak menuntut Mahasiswa untuk Stay di Sekolah, tetapi membuka ruang kepada mahasiswa jika dalam proses tersebut ada jadwal kuliah maka mahasiswa boleh diijinkan untuk kuliah.

Koordinator Dosen pendamping Lapanagn (DPL) kabupaten Alor tersebut mengatakan ada 1995 orang Dosen pendamping Lapanagn (DPL)  seluruh indonesia dari berbagai universitas di Indonesia sementara Mahasiswa yang mendaftar program 91870 orang.

Dosen Untrib Kalabahi tersebut mengungkapkan khusus di propinsi Nusa Tenggara Timur, kabupaten Alor ada 10 orang dosen pendamping Lapangan dari berbagai Universitas di Indonesia. 10 orang mahasiswa yang lulus di Alor tersebut merupakan anak daerah yang sementara berstudi di Universitas Tribuana Kalabahi, Universitas Nusa Cendana Kupang, Uyolindo Kupang,  Universitas Kristen Artha Wacana Kupang dan Universitas Islam Makasar. Perlu diketahui juga bahwa jadwal hasil tes tersebut diumumkan pada tanggal 20 Maret 2021 yang lalu.

 

 

Versi cetak

Related Keywords

dosen, kampus mengajar, mahasiswa

Artikel Terkait