Warek III, Resmi Buka MUA HIMA-BING Untrib Kalabahi

Diposting pada tanggal 24 March 2021
Warek III, Resmi Buka MUA HIMA-BING Untrib Kalabahi

KalabahiUntrib, Musyawara Umum Anggota (MUA)  Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tribuana Kalabahi Resmi digelar (24/03) di Aula Untrib Kalabahi.

Kegiatan MUA yang mengusung tema “,Menjadi Pemimpin  yang Handal, berpikir Kritis dan Berjiwa Nasionalisme yang tinggi” direncanakan berjalan selama 2 hari dengan agenda yang telah dirancang oleh Panitia.

Nikanus Erikson Illu, Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Umum Anggota, dalam laporannya menyampaikan latar belakang kegiatan MUA Hima-Bing merupakan cara yang paling tepat untuk mempersiapkan generasi muda Kabupaten  Alor di masa yang akan datang , dengan keterlibatan mahasiwa dalam berproses dan belajar dalam suatu Himpunan sebagai bekal bagi mahasiswa jika telah selesai mengguluti masa studinya. Mahasiswa dituntut juga untuk melakukan Tri dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan,Penelitian dan Pengabdian.

Musyawarah Umum Anggota (MUA) HIMA-BING merupakan Pengambilan keputusan tertinggi dalam memilih pucuk pimpinan Organisasi serta momentum pertanggungjawaban kepengurusan sebelumnya sebagai bahan evaluasi untuk kepengurusan yang baru dalam menyusun dan menjalankan Program sesuai rapatkerja yang akan disusun nantinya ucap Kepan.

Kepan Illu mengatakan Tujuan dari kegiatan ini adalah Tersampainya Pemahaman dan Pola pikir yang kritis untuk membanggun Program kerja HMPS serta terjadinya Kerja Sama antara badan penggurus HMPS dan Anggota HMPS dalam Mengkaji permasalahan yang ada.      

Kepan Illu berharap hasil yang diharapkan dari kegiatan MUA, adanya pemahaman dan pola pikir yang kritis dan membangun kerjasama antara Pengurus HMPS dengan seluruh anggota HMPS dan pemahaman tentang dunia kampus sekaligus menjadi moment kedekatan antara dosen, mahasiswa,dan seluruh civitas akademika Universitas Tribana dan system yang ada. Dan mampu membentuk mahasiswa yang berkarakter, jujur, setia, disiplin,dan bertanggung jawab di era new normal dan terpilihnya badan pengurus yang baru dengan semangat yang baru dalam mengemban amanah yang telah dipercayakan.

Sementara ketua himpunan mahasiswa program studi Pendidikan bahasa inggris yang sebntar lagi di demisionerkan, Ananias B Bayang dalam sambutannya mengatakan Musyawarah Umum Anggota dilaksanakan guna melanjutkan Estafet Kepemimpinan yang  masa berakhirnya pada beberapabulan yang lalu “ MUA ini dibuat untuk Lanjut Kepemimpinan, Saya hanya 1 periode saja, teman-teman yang lain siap untuk melanjutkan kepemimpinan ini”ucap ketua.

Lebih Lanjut Aktivis GMNI Cabang Alor tersebut menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah mendukungnya bersama pengurus dalam menjalankan program-program selamat 1 masa bahkti. Ditambahkannya dalam kepengurusan juga jika ada yang tidak berkenan kiranya dapat dimaafkan ucapnya.

Ketua Program Studi Bahasa Inggris, Agustina Aloojaha,S.Pd.M.Li dalam sapaannya mengatakan Musyawarah yanag digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tribuana Kalabahi sangat penting bagi Mahasiswa.

Helleng sapaan Akrab Kepro Bahasa Inggris mengatakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) merupakan organisasi yang ada diprogram studi sebagai tempat belajar paling baik bagi mahasiswa dalam lingkup yang kecil namun dampaknya besar bagi pembentukan karakter mahasiswa. Diakuinya, memang ada juga Mahasiswa yang sementara ini belajar di organisasi ekstra kampus namun HMPS menjadi ukuran apakah bisa bertanggungjawab megelolah kepengurusan yang diberikan atau tidak tegasnya.

Kepro Bahasa Inggris mengungkapkan bahwa saat ini perkuliahan sudah berjalan secara normal namun Ia (Kepro) telah berkomunikasih dengan para Dosen Bahsa Inggris untuk memberikan waktu 2 hari untuk mahasiswa belajar dan berproses dalam sidang MUA.

Apresiasi juga diberikan kepada Pengurus dan Panitia yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan MUA-HIMA BING, dengan tema yang menarik. “ Mereka Siap Jadi Pemimpin, terlihat dari tema yang di usung, saya suka” ucapnya.

Wakil Rektor III Universitas Tribuana Kalabahi, Zakarias Mautuka,ST.M.Si dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan secara resmi menyampaikan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh badan pengurus kedepan berkaitan dengan Ormawa, program-program kerja pengurus, serta aktivitas mahasiswa dalam kepengurusan di Ormawa.

Warek III  Untrib Kalabahi, Jak sapaan akrabnya mengungkapkan terkait organisasi kemahasiswaan yang ada di Kampus menjadi tanggung jawab Wakil Rektor III yang membidangi Kemahasiswaan dan Kerjasama untuk itu perlu diketahui bahwa kehadiran Ormawa sangat penting guna melakukan setiap aktivitas mahasiswa serta sebagai corong mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi. Lebih Lanjut Ia mengatakan hampir disemua Perguruan Tinggi, banyak Mahasiswa yang tidak terlibat dalam organisasi kemahasiswaan di internal kampus.

Terkait program kerja, Warek III, meminta kepada Ketua serta pengurus yang akan dipilih untuk membuat program Pelatihan, jangan membuat program banyak-banyak yang akhirnya tidak berjalan. “ buat Program Pelatihan Penulisan proposal PKM dan lain sebgainya, jangan buat Program banyak-banyak akhirnya tidak berjalan, buat Pelatihan-pelatihan, sekarang dari kementrian ada siapkan dana,tinggal bagaimana kita buat proposal itu yang penting” ucapnya.

Atas nama lembaga,Pada prinsipnya  kami mendukung setiap kegiatan Ormawa Tegas Warek III yang kini menjabat Ketua KNPI Kabupaten Alor tersebut.

Diakhirdari sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Warek III berpesan kepada Mahasiswa terkait penggunaan media sosial secara baik. Apapun yang Mahasiswa alami, boleh sampaikan lewat Ormawa yang telah dibentuk, bukan sampaikan di media sosial, Itu bukan tempatnya, datang dan sampaikan di kampus lewat BEM,BLM dan semua organisasi yang ada di dalam kampus tegasnya.

Hadir pada acara Pembukaan MUA tersebut Dosen Program studi  bahasa Inggris dan para undangan. Kegiatan diberlangsung tanggal 24-25 Maret 2021.

Versi cetak

Related Keywords

hmps, prodi, warek iii

Artikel Terkait