Dekan Hukum, Magang Menjadi Proses Belajar Bagi Mahasiswa

Diposting pada tanggal 9 March 2021
Dekan Hukum, Magang Menjadi Proses Belajar Bagi Mahasiswa

Untrib Kalabahi, Kegiatan magang, Mahasiwa Fakultas Hukum Universitas Tribuana Kalabahi kini telah berjalan, Acara yang diselenggarakan dua hari tersebut (05 S/d 06 Maret tersebut berjalan dengan baik. Pembekalan magang menjadi acuan dan pegangan bagi mahasiswa untuk terjun ke lapangan.  Kegiatan Magang merupakan kegiatan Perdana dari Fakultas Hukum Untrib Kalabahi yang memberikan ruang bagi mahasiswa semester Akhir untuk berproses dan belajar di luar kelas.

Dekan Hukum Untrib Kalabahi, Rudi K. Lema Killa.SH.M.Kn mengatakan Program ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Magang dalam Kurikulum Fakultas Hukum Untrib. ditambahkannya Mahasiswa selama ini mempelajari materi yang diajarkan diruang ruang kelas mengenai hukum secara umum, namun melalui magang mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru dan pengalaman mengenai penerapan ilmu hukum secara profesional dalam praktek.

15 orang Mahasiswa magang ditempatkan  pada beberapa Lembaga di Alor yaitu LBH Surya NTT Perwakilan Alor di kantor Pengadilan Negeri Kalabahi, PT. PELNI Cabang Alor dan juga Bagian Hukum Setda Alor dan lembaga Perbankkan yang sementara dikomunikasihkan dengan durasi lamanya magang terhitung sejak 8 Maret 2021  sampai dengan 8 April 2021.ucap Dekan Hukum.

Dekan Rudi menambahkan Tujuan dari kegiatan Magang yaitu selain sebagai mata kuliah, mahasiswa diharapakan bagi yang di lembaga bantuan Hukum Pengadilan Negeri Kalabahi, mahasiswa mampu mengenal  praktek Acara Perdata dan Acara Pidana khususnya dalam tuntutan dan putusan di persidangan, Mahasiswa mengenal Alur dan Teknik Penyusunan Perundang-undangan khususnya produk hukum daerah, mahasiswa juga memahami praktek perjanjian,hak dan kewajiban, kedudukan debitur dan kreditur dan aspek hukum jaminan dalam kredit di Perbankan, itu semua menjadi tujuan dari proses magang tersebut.

Harapan Kami,bahwa Program ini merupakan program yang pertama kali dilaksanakan oleh fakultas hukum dengan beberapa lembaga terkait maka diharapkan agar walaupun waktunya terbatas,namun mahasiswa dapat mempergunakan kesempatan belajar secara baik mengenai ilmu hukum dalam praktek di lembaga mitra tersebut , mahasiswa terus mengedepankan nilai-nilai dan etika keilmuan khusunya  ketika berada disana.harap Dekan Fakultas Hukum.

Pada kesempatan terpisah, Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.MM, mengapresiasi dan mendukung program yang telah dibuat oleh fakultas Hukum. “ saya Menyampaikan Terima kasih atas langkah yang diambil oleh fakultas Hukum dalam melakukan program Magang bagi mahasiswa pada semester ini, Sejak Tahun kemarin telah disampaikan kepada tiap prodi untuk melakukan kegiatan yang dapat memebrikan ruang kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung”ucapnya.

Rektor mengatakan Kegiatan Magang ini merupakan kesempatan belajar bagi mahasiswa serta bagi fakultas hukum agar dapat mendesign setiap program sesuai dengan kurikulum merdeka belajar yang diterapkan pada tahun akademik 2021-2022.

Rektor Untrib Alvonso F. Gorang.S.Sos.MM, Berharap Mahasiswa yang mengikuti program magang dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar, tetap Patuhi Prokes pada saat keluar dan masuk kantor.harapnya.

Versi cetak

Related Keywords

dekan, mahasiswa, rektor

Artikel Terkait