Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Keunggulan UNTRIB Kalabahi

Diposting pada tanggal 29 July 2020
Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Keunggulan UNTRIB Kalabahi

Kalabahi – Alor, Semarak.News | Kampus Universitas Tribuana (UNTRIB) Kalabahi, Alor – NTT membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa/I baru untuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Pembukaan pendaftaran telah dilakukan pada 2 Maret – 27 April 2020 lalu untuk Gelombang I, Gelombang II 4 Mei – 26 Juni 2020 dan Gelombang III 3 Juli – 8 Agustus 2020.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNTRIB Kalabahi, Gerson Hans Maure, SP.,M.Si kepada wartawan di Ruang Kerjanya, Kamis, (25/6/20) menjelaskan, calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar di UNTRIB Kalabahi, mengikuti tes tertulis dan wawancara. Hasilnya pun akan diumumkan kemudian sesuai tahapan. “Target kami 600 mahasiswa, tapi kalau lebih tidak apa-apa itu lebih bagus. Sampai saat ini sudah sekitar 400 an calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar di UNTRIB Kalabahi,” ujar Ketua Panitia Gerson Maure.

Ia menyatakan, UNTRIB Kalabahi masih membuka diri menerima semua anak-anak tamatan SMA, SMK, Paket C ataukah yang ingin melanjutkan studi dari Diploma ke Sarjana. Sebab itu, ini merupakan informasi yang bagus bagi siapa saja yang ingin kuliah di UNTRIB dan bisa ambil kesempatan mendaftar di Gelombang ke III.

Gerson Maure menghimbau kepada seluruh masyarakat Alor untuk tidak ragu-ragu kuliah di UNTRIB Kalabahi, sebab kualitas peserta tamatan UNTRIB tidak beda jauh dengan kampus-kampus lain di wilayah Indonesia. “Ya ini informasi yang bagus. Karena itu, kalau sudah ada kampus yang dekat kenapa cari yang jauh,” imbuhnya.

Menariknya, calon mahasiswa atau anak-anak tamatan SMA yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), itu berpeluang untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Ia menyebut, beasiswa Bidikmisi pembiayaannya dilakukan selama empat tahun atau semester I sampai VIII. Selain beasiswa Bidikmisi, ada juga macam-macam beasiswa yang bisa didapat oleh mahasiswa UNTRIB.

“Jadi pengumuman ini terbuka untuk umum. Baik tamatan SMA yang ada di Alor maupun di luar Alor, ataukah ASN/TNI Polri/Pegawai Swasta yang sudah bekerja tetapi ingin kuliah kami siap menerima,” ungkap Gerson Maure.

Menurutnya, UNTRIB Kalabahi juga menerima kelas reguler dan sore. Karena itu bagi mahasiswa yang memiliki tugas pekerjaan di pagi hari, ataupun dengan alasan-alasan lain bisa mengikuti kuliah melalui kelas sore. Kelas sore akan dikhususkan pada Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi.

Fasilitas UNTRIB Kalabahi Memadai

Ketua Panitia Gerson Maure kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat Alor untuk tidak ragu kuliah di UNTRIB. Sebab kampus perbatasan yang berlokasi di Batu Nirwala Kelurahan Welai Timur Kecamatan Teluk Mutiara itu telah dilengkapi fasilitas penunjang yang cukup.

“Fasilitas UNTRIB sudah memadai. Sekarang ini tidak lagi seperti dulu yang kita belajar juga susah karena fasilitas terbatas. UNTRIB sudah mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, ruang belajar juga sudah lengkap. Ada ruang Perpustakaan, Laboratorium, Rusunawa bahkan kampus UNTRIB juga sudah lengkap dengan WiFi,” ungkap Gerson Maure.

Ia menyebut, mahasiswa yang tempat tinggal jauh pun jangan kuatir karena kampus UNTRIB juga memiliki Rusunawa. “Ada Rusunawa. Mahasiswa yang kurang mampu dan bertempat tinggal jauh bisa tinggal di Rusunawa dengan membayar tarif Rp 100 ribu per bulan,” ungkapnya.

Gerson menyebut, Fakultas atau Program Studi yang tersedia di Untrib untuk kelas reguler antara lain:

1. Fakultas Hukum; Prodi Ilmu Hukum

2. Fakultas Pertanian; Prodi Agribisnis, Perikanan, dan THP

3. Fakultas MIPA; Prodi Kimia, Matematika, dan Komputer/TI

4. Fakultas Ekonomi; Prodi Manajemen

5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP; Prodi Ilmu Pendidikan Teologi, Bahasa Inggris, dan PGSD

Persyaratannya Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru

1. FC Ijazah SMA/SMK/MA, Peket C, SKHU yang sudah legalisir 2 lembar

2. Pas Foto warna (3×4 & 4×6) masing-masing 3 lembar

3. FC KK, KTP orang tua dan calon mahasiswa baru masing-masing 1 lembar

Pendafataran dilakukan baik secara offline di kampus Untrib setiap hari kerja, jam 08.00 – 13.00 siang, juga secara online. melalui link pmb.untrib.ac.id. Untuk informasi lengkap dapat menghubungi Panitia PMB Gerson Hans Maure, HP 081237965614 dan Agustina N. Aloojaha, HP 082145309922.

Profil
UNTRIB Kalabahi adalah satu-satunya Universitas di Kabupaten Alor, milik GMIT dibawah naungan Yayasan Tribuana Alor yang berdiri sejak tahun 2007 dengan izin Mendiknas No 120/D/O/2007 tanggal 1 Agustus 2007. UNTRIB Kalabahi memiliki 5 Fakultas dan 11 Program Studi terakreditasi BAIK oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). UNTRIB hadir untuk mendekatkan akses pelayanan pendidikan tinggi di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Visi
Terwujudnya Universitas Tribuana yang Mandiri, Inovatif, Bermutu, Responsif dan Berbasis Maritim Terdepan di kawasan Timur Indonesia pada tahun 2028.

Misi
1. Meningkatkan kualitas sistem dan manajemen kelembagaan/institusi.
2. Pemenuhan dan peningkatan standar mutu SDM pendidik, karyawan non akademik dan peningkatan aktivitas dan prestasi mahasiswa.
3. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas bagi penyediaan SDM yang bermutu dan relevan dengan karateristik wilayah kemaritiman pulau-pulau kecil dan perbatasan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai Kristiani.
4. Meningkatkan kualitas serta akses riset dan publikasi ilmiah serta pengembangan inovasi, teknologi dan kegiatan pengabdian.
5. Perluasan akses kerjasama antar institusi.

Tenaga Pendidik
Tenaga Pendidik (Dosen) UNTRIB rata-rata memiliki kualifikasi pendidikan S2 Lulusan Kampus terbaik di Indonesia antara lain: ITB, UGM, ITS, UI dan ada beberapa dosen yang sementara ini sedang dan akan melanjutkan pendidikan S2 dan S3 ke Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Fasilitas
1. Laboratorium (Kimia, Multimedia, Komputer, Perikanan dan Micro Teaching) Lahan Percontohan Program Studi Agribisnis.
2. Lapangan Futsal Outdoor.
3. Ruang Kelas dilengkapi dengan LCD.
4. Aula Pertemuan
5. Perpustakaan dilengkapi dengan buku-buku dan jurnal berstandar Nasional maupun Internasional.
6. Ruang belajar terbuka (Outdoor).
7. Rusunawa untuk mahasiswa.
8. Balai Latihan Kerja (BLK) untuk umum.
9. BUS Kampus 1 Unit untuk melayani mahasiswa.
10. Tersedia WiFi (Open Access).
11. Sekretariat Organisasi Kemahasiswaan yang memadai.

Program Beasiswa
UNTRIB Kalabahi juga kerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta dalam penyediaan program Beasiswa:
1. Beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Ristek Dikti.
2. Beasiswa Pemprov NTT.
3. Beasiswa Kementerian Agama.
4. Beasiswa PPA.
5. Hibah Penelitian Mahasiswa dari Riset Dikti
6. Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Riset Dikti.
7. Beasiswa LPDP bagi mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan S2 dari Kementerian Keuangan RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Kementerian Agama RI.
8. Beasiswa dari GMIT Pola Tribuana Kalabahi.

Biaya Perkuliahan
1. SPP (Kelas Pagi/Reguler Rp. 1.320.000/Semester) dan (Kelas Sore/Khusus Rp. 1.540.000/Semester).
2. SKS (Kelas Pagi/Reguler Rp. 70.000/SKS) dan (Kelas Sore/Khusus Rp. 90.000/Semester).
3. DPP untuk sekali bayar selama kuliah (Kelas Pagi/Reguler Rp. 2.200.000) dan (Kelas Sore/Khusus Rp. 2.520.000). *(Joka)

Versi cetak

Related Keywords

ini keunggulan untrib kalabahi, buka pendaftaran mahasiswa baru

Artikel Terkait