PERNYATAAN SIKAP CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI

Diposting pada tanggal 15 May 2018
PERNYATAAN SIKAP CIVITAS  AKADEMIKA UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI

PERNYATAAN SIKAP CIVITAS  AKADEMIKA UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI TERKAIT BOM BUNUH DIRI DAN AKSI TERORISME DALAM SEPEKAN TERAKHIR

 SENIN, 14 MEI 2018

  1. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi mengutuk keras aksi pengeboman yang dilakukan oleh pelaku Bom bunuh diri pada 3 Gereja di Kota surabaya serta teroris pelaku pembunuhan yang menewaskan 6 orang aparat keamanan yang salah satu korbannya berasal dari  Kabupaten Alor NTT.
  2. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi mendesak pemerintah untuk segera mengatur dalam undang-undang anti terorisme larangan bagi kegiatan-kegiatan yang mengarah  pada terorisme  seperti dokrin paham radikal, cuci otak,  cerama provokatif, pelatihan kemampuan ala militer scara tidak syah serta kegiatan-kegiatan lainnya yang mengarah pada terorisme dan radikalisme sebagai tindak pidana terorisme yang perlu di tindak  untuk pencegahannya.
  3. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi mendesak Pemerintah untuk  segera menetapkan  Undang-undang anti  terorisme sebagai  undang-undang khusus yang dapat mengenyampingkan aturan umum sebagaimana yang  diatur dalam KUHAP dan KUHP serta peraturan-peraturan  lainnya sehingga aparat  keamanan  dalam menjalankan tugasnya  dapat  menindak pelaku dan terduga terosisme tanpa harus terbatasi oleh aturan yang mengatur tentang pelanggaran Hak Asasis Manusia dan lain sebagainya.
  4. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi mendesak aparat keamanan untuk dapat proaktif dan profesional memberikan jaminan keamanan bagi seluruh umat beragama di Indonesia dalam beribadat.
  5. Kami Civitas Akademikan Universitas Tribuana Kalabahi mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap setiap orang asing yang masuk ke daerah untuk alasan-alasan dagang dan lain sebagainya dan meminta aparat keamanan untuk mengidentifikasi  dan memantau pergerakan  stiap orang asing yang  bersorban dan bercadar yang berhilir mudik di daerah-darah pedalaman  untuk menghindari terjadinya kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan.
  6. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama kita menjaga stabilitas keamanan dengan tidak menyebarluaskan informasi-informasi berbau provokasi yang berpotensi menimbulkan ketegangan ketegangan antara kita sesama umat beragama yang rukun dan damai.
  7. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi meminta kepada seluruh pimpinan umat beragama untuk secara serius dan tulus   menyerukan seruan-seruan anti radikalisme dan terorisme bagi umat dan atau jemaatnya.
  8. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi meminta kepada Politisi, para calon kepala daerah dan capres untuk tidak mengedepankan isu sara sebagai komoditas politik dalam penggalangan dukungan suara terutama dalam pilkada serentak, pemilihan umum dan Pilpres 2019 yang berpotensi melunturkan semangat dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Panca Sila, UUD 45 dan Bineka Tunggal Ika.
  9. Kami Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi mengajak seluruh elemen perguruan tinggi di Indonesia untuk secara tegas melarang dan menindak pergerakan civitas akademika yang mengarah pada penyebarluasan paham radikalisme dan terorisme

 

Atas nama Civitas Akademika

R e k t o r

ttd

Alvonso F. Gorang, S.Sos., MM.

NIDN : 08 150878 01

Versi cetak

Related Keywords

terorisme, untrib kalabahi, surabaya

Artikel Terkait